Senin, 11 Agustus 2014

Cara Menjadi Pendengar yang Baik


Selamat pagi,siang, sore dan malam :D bertemu lagi dengan saya , lama nggak nulis kerena kesibukan tugas dan sekolah .. kali ini saya akan memberikan tips agar jadi pendengar yang baik karena akhir – akhir ini banyak teman yang curhat tapi saya nya kurang memahami dan malah jadi salah paham -_- nah nggak mau kan itu terjadi ? yuk kita simak..


Cara agar menjadi pendengar yang baik
1.   Dengarkan dengan sepenuh hati
Saat dia bercerita, coba dengarkan dengan serius jika dia memilih Anda untuk bercerita berarti dia mempercayakannya pada Anda dan jangan membuatnya kecewa dengan tidak mendengarkannya sepenuh hati.

2.  Biarkan dia berbicara sampai selesai
Jangan memotong pembicaraannya atau malah ganti bercerita tentang masalah Anda kepadanya. Saat ini, dia membutuhkan Anda biarkan dia bercerita terlebih dahulu jangn menyela karena itu akan membuatnya tambah jengkel dan marah.

3.  Biarkan dia menangis
Jika dia menangis biarkan saja. Jangan paksa dia melanjutkan ceritanya jika dia memang benar-benar tidak sanggup lagi untuk bercerita. Kadang, air mata merupakan perasaan sedih terdalam dan tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.

4.  Jangan berlagak menjadi guru
Alasan utama seseorang bercerita kepada Anda adalah karena dia percaya bahwa Anda dapat menjadi pendengar yang baik , bukannya malah memberi nasehat seolah Anda lebih baik darinya dengan nada yang 'Menggurui'. JJika Anda melakukan hal ini , dia akan merasa kecewa kepada Anda, bukannya mendapat teman sebagi pendengar curhat malah mendapat perlakuan menggurui dari Anda. Tentu Anda tidak mau itu terjadi bukan ? :)

5.  Pahami ceritanya
Saat dia bercerita pahami dengan baik ceritanya, apa yang dia rasakan dan rasa sakit hati yang dia alami. Apalagi jika Anda bisa memberi solusi kepadanya tentang apa yang dia alami. Menjadi pendengar yang baik salah satu kunci utamanya adalah memahami jadi hal ini harus betul-betul Anda perhatikan ya :)

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menjadi seorang pendengar curhat teman Anda .. Jangan ragu untuk seorang pendengar yang baik untuk orang - orang di sekitar Anda, karena mendengar lebih baik daripada berbicara terlalu banyak~ :))

Love Lots :)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Hello :)

Abnormal girl names Pepy Rizma , tinggal di Pare punya banyak mimpi . masih baru dalam dunia per-Blogan Indonesia.
Twitter : @pepyrizmA
Facebook : Rizma Nia
Diberdayakan oleh Blogger.

Intip Yang Lain Yuk

Blogroll